Kata Pengantar
assalamu’alaikum warahmatullahi
wabarakatuh. alhamdulillahirabbilalamin. Segala puji bagi Allah yang telah
menolong saya menyelesaikan Proposal ini dengan penuh kemudahan. Tanpa
pertolongan NYA mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
shalawat dan salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta yakni nabi
muhammad SAW.
Proposal ini disusun agar pembaca
dapat memperluas ilmu tentang Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Oleh
Mahasiswa, yang saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber.
Proposal ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang
datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh
kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan akhirnya proposal ini dapat
terselesaikan.
Semoga Proposal ini dapat memberikan
wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun Proposal ini memiliki
kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima
kasih.
02
Januari 2014
Penyusun
(Hendri Ristiawan)
Daftar Isi
Kata Pengantar…………………………………………………………………………1
Daftar Isi………………………………………………………………………………..2
Bab I ...................………………………………………………………………………3
Latar Belakang Masalah
................................................................................................3
Rumusan Masalah...........................................................................................................4
Tujuan Penelitian............................................................................................................4
Manfaat Penelitian..........................................................................................................4
Bab II…………………………………………………………………………………..5
A. Kerangka Teori...........................................................................................................5
Bab III…………………………………………………………………………………..7
Metodologi
......................................................................................................................7
Langkah Kerja
.................................................................................................................8
Jadwal Kerja
....................................................................................................................8
Tempat /
Lokasi................................................................................................................8
Penutup
............................................................................................................................8
Saran
................................................................................................................................8
Daftar Pustaka
.................................................................................................................9
BAB I
- Latar Belakang Masalah
Pengertian
Seiring dengan perubahan paradigma
pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi
tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi
oleh keaktifan mahasiswa. Kurikulum baru tahun 2004 mempertegas bahwa proses pembelajaran
harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber
belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator,
dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran.
Selain sumber belajar berupa
perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini berkembang teknologi
internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu
pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan
referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat, sehingga dapat
mempermudah proses studinya.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di
atas, dapat diidentifikasi permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan
sumber belajar, antara lain : optimalisasi pemanfaatan perpustakaan sebagai
sumber belajar, pemenuhan koleksi buku-buku yang tersedia di perpustakaan,
pemanfaatan internet sebagai sumber belajar, serta pemanfaatan sumber daya
lingkungan sebagai sumber belajar.
Batasan Masalah
Meskipun banyak permasalahan yang
berkaitan dengan pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran, namun
dalam penelitian ini hanya membatasi pada masalah pemanfaatan internet sebagai
sumber belajar oleh mahasiswa.
- Rumusan Masalah
Untuk memperjelas permasalahan yang akan diteliti, maka masalah
tersebut dirumuskan sebagai berikut:
a)
Apakah
mahasiswa UNIVERSITAS JAMBI telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar
?
b)
Alasan
apa yang memotivasi mahasiswa UNIVERSITAS JAMBI memanfaatkan internet sebagai
sumber belajar ?
c)
Faktor
apa sajakah yang mendukung dan menghambat mahasiswa UNIVERSITAS JAMBI untuk
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar ?
- Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
- Jumlah mahasiswa UNIVERSITAS JAMBI
yang telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
- Alasan yang memotivasi mahasiswa
UNIVERSITAS JAMBI memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.
- Faktor-faktor yang mendukung dan
menghambat mahasiswa UNIVERSITAS JAMBI memanfaatkan internet sebagai
sumber belajar
- Manfaat
Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
- Bagi mahasiswa, untuk lebih
meningkatkan pemanfaatan teknologi internet sebagai sumber belajar,
sehingga mempercepat masa studinya.
- Bagi program studi, sebagai
bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program kerja yang
berkaitan dengan fasilitas sumber belajar.
- Bagi peneliti, sebagai dorongan
untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi informasi sehingga dapat
memperbaiki kemampuan dalam mengajar
BAB II
A. Kerangka Teori
1. Pengertian Internet
Internet adalah kependekan dari
inter-network. Secara harfiah mengandung pengertian sebagai jaringan komputer
yang menghubungkan beberapa rangkaian (www.wikipedia.com). Jaringan internet
juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer
di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat
dikomunikasikan antar belahan dunia secara instan dan global
(www.jurnal-kopertis4.org). Selain kedua pengertian di atas, internet juga
disebut sebagai sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik,
pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan
akses untuk layanan telekomunikasi dari sumber daya informasi untuk jutaan
pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi
langsung (e-mail, chat), diskusi (usenet news, milis, bulletin board), sumber
daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Ghoper), remote login dan
lalu lintas file (Telnet, FTP),
Sejalan dengan perkembangan internet,
telah banyak aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet,
seperti e-Commerce, e-Banking, e-Government, e-Learning dan lainnya. Salah satu
aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran adalah e-Learning.
E-Learning adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan
dalam bentuk sekolah maya. E-Learning merupakan usaha untuk membuat
sebuah transformasi proses belajar mengajar di sekolah dalam bentuk digital
yang dijembatani oleh teknologi internet.
Bagi para pengajar, internet
bermanfaat dalam mengembangkan profesinya, karena dengan internet dapat :
a) meningkatkan pengetahuan.
b) berbagi sumber diantara
rekan sejawat.
c) bekerjasama dengan pengajar
di luar negeri.
d) kesempatan mempublikasikan
informasi secara langsung.
e) mengatur komunikasi secara
teratur.
f) berpartisipasi dalam
forum-forum lokal maupun internasional.
2. Bahaya
Perilaku Adiktif / Pecandu Seorang
pecandu internet akan menghabiskan waktu berjam-jam bahkan sampai berhari-hari
berada didepan komputer untuk online. Untuk pecandu surfing di
Handphone / Blackberry biasanya mereka asik berinternet tanpa
memperdulikan tempat dan waktu (mobile). “Dampak dari kecanduan internet
juga tidak main-main. Mulai dari dipecat dari pekerjaan, perceraian, atau
kecelakaan mobil akibat menyetir sambil menulis SMS atau
chatting. Pecandu internet biasanya kecanduan bermain Games
Online, blogging, situs jejaring sosial, jual beli, chating
dan aplikasi-aplikasi internet lain yang sangat menghabiskan waktu.
Menurut Hack dalam situs
“wartawarga.gunadarma.ac.id”, penyebab seseorang menjadi pecandu internet
adalah:
“Pecandu internet dapat disebabkan
oleh informasi yang sangat deras dari luar yang ingin diserap atau diperoleh
remaja yang dapat bersumber dari perusahaan, institusi, departemen-departemen,
sekolah ataupun remaja itu sendiri. Pecandu internet bisa siapa pun, dari mana
pun, kapan pun”.
3. Pengaruh
Adalah daya atau timbul dari sesuatu
( orang atau benda ) yang ikut membentuk watak, kepercayaan, atau perbuatan
seseorang. Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka kegiatan
belajar mengajar diperguruan tinggi tidak hanya ditemukan oleh faktor
pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa.
BAB III
- METODOLOGI ( Deskriptif )
Dalam menjalankan pengerjaan
penelitian ilmiah ini saya menggunakan metode Deskriptif. Karena dengan menggunakan metode Deskriptif saya bisa
lebih menjelaskan dengan terperinci tentang Penggunaan Internet Bagi Mahasiswa.
Metode
deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti setatus sekelompok manusia, suatu
obyek, suatu set kondisi, suatu sistempeikiran, ataupun suatu kelas peristiwa
pada masa sekarang. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah untuk membuat
deskipsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, factual dan akurat mengenai
fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.
Definisi
Menurut
Whintney (1960), metode deskriptif adalah pencarian fakta dengan interpretasi
yang tepat. Penelitian deskriptif mempelajarai masalah-masalah dalam masyarakat
serta tatacara yang berlaku dalam masyarakat serta situasi-situasi tertentu,
termasuk tentang hubungan, kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan,
serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh-pengaruh dari suatu
fenomena. Dalam metode deskriptif, peneliti bisa saja membandingkan
fenomena-fenomena tertentu sehingga merupakan suatu setudi komparatif .
adakalanya peneliti mengadakan klasifikasi, seerta penelitian terhadap
fenomena-fenomena dengan menetapkan suatu setandar atau suatu norma tertentu
sehingga banyak ahli menamakan metode deskriptif ini dengan nama survei
normatif (normative survey). Dengan metode deskriptif ini juga diselidiki
kedudukan (status) fenomena atau factor dan melihat hubungan antara satu factor
dengan factor yang lain. Karenanya, metode deskriptif juga dinamakan
studi status (satus study).
- Langkah Kerja
Langkah kerja yang digunakan adalah
jenis penelitian deskriptif yang lebih memaparkan peristiwa dengan fakta-fakta
dan juga sifat-sifat hubungan antara fenomena yang diselidiki.
- Jadwal Kerja
Pengerjaan dari proposal ini
rencananya akan saya lakukan pada tanggal 15 Januari 2014. Jika tidak ada suatu
masalah apapun.
- Tempat/lokasi
Penelitian ini akan saya lakukan di
UNIVERSITAS JAMBI.
- Penutup
Contoh proposal penelitian ilmah ini mengangkat persoalana
bagaimana pemnfaatan media online dikalangan mahasiswa Universitas Jambi.
Pemanfataan media online merupakan perbuatan memanfaatkan suatu hasil dari
teknologi tinggi dalam bidang informasi dan komunikasi.
- Saran
Berdasarkan beberapa
uraian dan kesimpulan tersebut maka perlu kiranya penulis untuk menyampaikan saran sebagai usaha untuk
meningkatkan efektifitas pemanfaatan media online sebagai sumber belajar dikalangan mahasiwa.
Daftar Pustaka
http://www.google.co.id
http://www.wikipedia.com
http://www.jurnal-kopertis4.org
http://wartawarga.gunadarma.ac.id
http://skripsiq.blogspot.com/2011/12/pengaruh-penggunaan-internet-terhadap.html
No comments:
Post a Comment